Home > Apa itu server? Dan jenis-jenisnya

Apa itu server? Dan jenis-jenisnya

Apa itu server? Dan jenis-jenisnya


Apa itu server? Dan jenis-jenisnya

Hello world!

Setelah mengetahui mengenai back end selanjutnya kita harus tahu mengethui server . Karena back end pasti ketemu dengan server

Server

server atau bahasa indonesianya peladen adalah sebuah software atau hardware yang bisa memenuhi permintaan klien. Permintaan klien diterima melalui protokol http dan yang terkait lainnya.


Fungsi

Fungsi web server sendiri adalah menyimpan, memproses, dan mengirimkan halaman web ke klien. Dimana server mengirim sebuah html, style sheet, script atau file video dan foto melalui http atau https ke klien.


Jenis-jenis server


Openlitespeed

Seperti namanya Openlite sendiri adalah web server yang Open Source dari LiteSpeed ​​Web Server Enterprise. Dimana keduanya dikembangkan oleh tim yang sama dan memiliki standar pengkodean berkualitas tinggi yang sama.

Open lite sendiri sudah mengantongi fitur penting yang ditemukan di LiteSpeed ​​Enterprise. 


Keunggulan OpenLiteSpeed sendiri yaitu ​​menggabungkan kecepatan, keamanan, skalabilitas, pengoptimalan, serta kesederhanaan dalam satu paket sumber terbuka yang ramah.

Kaian bisa lihat informasi lebih lanjutnya di https://openlitespeed.org/openlitespeed-features/


Apache 

Server ini sering digunakan banyak kalangan. Dimana server ini dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya. Guna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.


NginX

Nginx dibaca engine x bukan ngix adalah sebuah HTTP dan proxy dimana dimana sumber kode tersebut terbuka. Yang bisa juga berfungsi sebagai proxy IMAP/POP3. Kode sumber nginx ini ditulis oleh orang Rusia yang bernama Igor Sysoev pada tahun 2002. Dimana perilisan ke publik dilakukan pada tahun 2004. Nginx terkenal karena stabil, memiliki tingkat performansi tinggi dan minim mengonsumsi sumber daya.


Dan masih banyak lagi server lainnya


Kesimpulan dan Pendapat

Server merupakan peladen bagi klien untuk mengirimkan sebuah data. Dimana masing-masig jenis server mempunyai karakteristik yang berbeda. Dimana saya sekarang lebih tertarik atau sedang ingin mempelajari openlitespeed karena melihat di youtube nya pak onno w purbo.


Pendapat kalian

Menurut kalian server yang paling bagus yang mana? Nggak harus sama diatas. Apakah ada yang kurang atau salah? Atau ada server yang lebih bagus lagi. Silahkan tulis di kolom komentar dibawah.


Terimakasih sudah meluangkan untuk membaca sampai akhir. Silahkan beri tanggapan, saran, kritik dan jika berkenan bisa follow media sosial saya.


Terimakasih~


Source : 

  • https://id.m.wikipedia.org/
  • https://www.domainesia.com/
  • https://openlitespeed.org/

Show comments
Hide comments

No comments:

Mau komentar apa Guys ?
Dilarang komentar :
Link aktif maupun tidak tanpa seizin admin
Sara/pun kata kasar/kotor


Arigatou~