Home > Spesial Kemerdekaan ke-74 : Menyerahnya Jepang kepada Sekutu

Spesial Kemerdekaan ke-74 : Menyerahnya Jepang kepada Sekutu



MuryP merayakan HUT RI KE 74, Sejarah terumusnya proklamasi kemerdekaan.
    merdeka! Merdeka! Merdeka! Yo kali ini saya  lagi semangatnya nih. Untuk artikel spesial 17 agustus sendiri saya akan memberikan cerita yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Mau tau apa saja ceritanya, mari kita simak cerita pertama ini.
Peristiwa kalahnya jepang kepada semut
NB : link belum ditautkan/belum jadi artikelnya. Sebelum ini dihapus link tersebut mungkin belum tertautkan.
Begini setelah Jepang menyerah pangkalan Amerika lebih tepatnya di Pean Harbor. Dengan penyerangan tersebut, menandakan Jepang dan Amerika ikut ke Perang Dunia 2. Yang dimana sebelumnya Amerika dan Jepang tidak ikut perang di Eror tersebut. Dan Amerika sendiri memang tidak mau ikut campur perang di Eropa.
    Dengan ikutnya Jepang yang berpihak ke blok Axis(poros) yang beranggotakan Jerman-Italia. Sedangkan Amerika tetap bergabung dengan bloknya yaitu Allies (sekutu) yang beranggotakan Inggris, Perancis, Belanda, USSR(gabung setelah di invasi jerman) yang dimana  sebelumnya Soviet dan Jerman mempunyai perjanjian untuk tidak saling menyerang. Akan tetapi perjanjian tersebut dilanggar oleh Jerman. klick disini mengenai perjanjian jerman-rusia sampai perang.
    Ok balik ke Asia lagi. Setelah ikutnya Jepang perang di Indonesia, Amerika melakukan sebuah gerakan yaitu mengembargo Jepang. Karena hal tersebut Jepang kemudian mencari akal dan Jepang mengetahui bahwa di Asia tenggara tepatnya Hindia Belanda(Indonesia) terdapat banyak tambang minyak bumi, yang dimana berguna untuk bahan bakar dan pelumas armada perang, seperti tank, pesawat terbang, kapal, kereta api, maupun alat-alat lainnya. Yang pada saat itu masih dikuasai Belanda.
     Dan itulah mengapa Jepang mengincar Asia Tenggara. Dan untuk kekalahan Jepang sendiri diakibatkan semakin terpojoknya Jepang oleh sekutu dan jatuhnya bom atom di Hirosima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945. Dan menurut sumber  yang bisa kalian tonton di youtube berjudul perjalanan Jepang ke Perang Dunia 2. Disana saya mendapat teori baru Inspect History kenapa jepang menyerah kepada sekutu. 
    Teorinya yaitu bahwa Jepang menyerah bukan karena Amerika melainkan takut dengan Soviet. Soviet yang berpaham kiri tersebut mampu memukul mundur Jepang hanya dalam waktu yang tidak terlalu lama ketimbang Amerika. Dan terlebih lagi sejarah sobat sendiri, yang dimana seluruh keluarga kekaisaran Rusia dibunuh. Jepang takut, jika Jepang dikuasai Soviet maka keluarga kerajaan akan dibunuh juga seperti kejadian di Rusia. Sehingga mereka memanfaatkan bom atom tersebut sebagai alasan kalahnya Jepang.
    Ok kita masuk ke Indonesia. Setelah jepang menyerah, kabar tersebut terdengar oleh kaum pemuda Indonesia. Meskipun mendapat berita tersebut, kaum pemuda masih ragu. Setelah yakin, mereka menemui Soekarno dan memintanya untuk melakukan proklamasi. Akan tetapi usulan tersebut masih ditolak. 
    orang  yang menculik yaitu Soekarni, Wikana, Aidit dan Chaerul Saleh dari perkumpulan "Menteng 31" . Mereka menculik Soekarno dan Hatta dan dibawa ke Rengasdengklok. Disana mereka diamankan agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Yang dimana Jepang dituntut oleh sekutu untuk mengembalikan Indonesia dalam keadaan dimana Indonesia belum merdeka atau bisa dibilang seperti semula sebelum Jepang menduduki Indonesia. 
    Dan selain itu juga golongan pemuda menginginkan Indonesia merdeka dengan perjuangan sendiri, bukan pemberian Jepang. Yang dimana Soekarno menginginkan rapat dahulu dengan PPKI sebelum pelaksanaan proklamasi. Dan PPKI sendiri adalah badan yang dibentuk oleh Jepang. Klick disini untuk cek mengenai PPKI.
    Oh ya, hampir lupa. sebelumnya Marsekal Terauchi memanggil Soekarno, Hatta dan Radjiman untuk pergi ke Dalat, Vietnam. Jepang akan memberikan kemerdekaan, tapi sayang itu tidak terjadi.
    Setelah penculikan terjadi, akhirnya Soekarno menerima usulan tersebut. Dan dirumuskanlah teks proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Setalah perancangan, Soekarno pulang ke rumah.
     Akhirnya, inilah yang ditunggu-tunggu. pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang Proklamasi kemerdekaan diumumkan.
     Lalu bagaimana selanjutnya? Setelah proklamasi tersebut terjadi, semua bersemangat untuk menyebarkannya. Baik dengan ucapan, koran, radio. Melalui siaran Radio Hoso Kanriyoko yang dimana sekarang adalah Radio Republik Indonesia yang dimana dilakukan oleh Yusufranodipuro.
Tahukah kalian. Melalui siaran Radio Hoso Kanriyoko yang dimana sekarang adalah Radio Republik Indonesia, Yusufranodipuro menyiarkan berita proklamasi tersebut.
Yeh, mungkin segitu dulu. Semoga kalian bersemangat untuk belanegara. mari kita bangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.
Jangan lupa juga untuk berkomentar dan bagikan ke teman kalian. Mari kita bangun blog ini agar lebih bermanfaat.
Show comments
Hide comments

No comments:

Mau komentar apa Guys ?
Dilarang komentar :
Link aktif maupun tidak tanpa seizin admin
Sara/pun kata kasar/kotor


Arigatou~