Home > Penjelasan mengenai hacker dan jenisnya

Penjelasan mengenai hacker dan jenisnya

Penjelasan mengenai hacker dan jenisnya

Hello world!

Pasti kalian sering mendengar istilah Hacker. Namun Tahukah anda mengenai Hacker? Apa sih Hacker itu? Apakah semua Hacker jahat? Mari kita ulas satu persatu.


Hacker sebenarnya adalah orang-orang yang bekerja dibidang IT(Informasi Teknologi) dimana mereka bertugas untuk menyelesaikan sebuah masalah mengenai IT dan programing. Namun ada beberapa menggunakannya untuk kejahatan. Sehingga hacker diklasifikasikan menjadi 3, yaitu Black Hat, White Hat, dan Grey Hat.


1. Black Hat

Jenis hacker ini, biasanya yang paling dikenal orang awam. Dimana para black hat membuat sebuah program yang merusak dan memanfaatkan celah keamanan dari sebuah aplikasi. Dan tahukah beberapa jenis cyber crime? Jika ingin memgetahui lebih lanjut klick disini. Untuk yang paling sering terjadi adalah sosial engineering. 

Dimana korban diiming imingi sehingga lengah. Biasanya ada yang meminta uang ada juga yang meminta kode OTP. Sehingga kalian harus hati-hati untuk tidak menyebarkan informasi pribadi dan jangan menuruti apapun oleh orang yang tidak dikenal maupun kita kenal. Karena biasanya ada juga yang terkena hack dan akunnya diambil oleh hacker dan berpura-pura menjadi korban. Apakah kalian pernah terkena hack? Untuk kasus seperti ini saya juga pernah saat dulu saat masih gaptek. Aku dulu bisa dibilang sangat konyol saat menggunakan internet. Mulai dengan sembarangan klik link, login di web gak jelas, sampai memberikan pasword FB. 

Aku pernah sekali melakukan barter char dan saat memberikan email dan password tiba-tiba passwordnya diganti. Untungnya aku gerak cepat dan mengamankan kembali akun tersebut dengan nomor telepon. Entah aku sudah lupa bagaimana kejadian lengkapnya, tapi garis besarnya begitu. Dan aku juga pernah dihack saat login diwarnet. Kayaknya komputernya sudah otak atik atau gimana soalnya saat itu aku belum tahu betul mengenai keamanan jaringan. Apakah kalian pernah mengalaminya? Tulis dikolom komentar dibawah.


2. White Hat

Untuk jenis ini kebalikan dari diatas. Dimana tugasnya mengamankan dari serangan cravker atau black hat tadi dengan cara mencari celah seperti black hat. Namun saat melakukan penyerangan ia sudah mengantongi izin. Dan jika menemukan sebuah bug atau kesalahan, biasanya ia akan melaporkannya atau bisa juga langsung diperbaiki. Dan yang paling terkenal ialah bug bounty. Dimana mereka mencari kelemahan Dan melaporkannya lalu dapet cuan. Ea bagi kalian yang ingin menjadi bug bounty bisa belajar mengenai Sistem Jaringan, Hardware dan coding, serta kalian dituntut untuk bisa membuat laporan. Kalian bisa cari aja di google, entah saya akan bahas atau tidak soalnya ini bukan bidang saya. Kecuali tiba-tiba ganti bidang Hehehe.... 

Untuk mengetahui semua pekerjaan mengenai seputar hacking bisa klik disini.


3. Gray Hat

Seperti namanya Gray artinya ia bukan putih sepenuhnya dan bukan hitam sepenuhnya. Dimana ia memperbaiki seperti white hat, namun juga memanfaatkan bug untuk kepentingan pribadi sebelum diperbaiki. Contoh ketika menemukan sebuah celah gray hat memasuki wilayah yang tidak dibolehkan seperti data pribadi maupun dat perusahaan. Meskipun pada akhirnya mereka melaporkan akan adanya bug juga.


Kesimpulan

Jadi hacker itu tak sesempit yang kita pikirkan sebelumnya dimana semua hacker itu jahat. Dan meskipun itu black hat, itu tak seperti di film-film dimana proses hacking terlihat mudah. Jika ingin tahu bagaimana hacker bekerja. Kalian bisa nonton mr.robot (warning : jika kalian masih dibawah umur untuk tidak menontonnya) meskipun ada unsur dewasanya. 


Pendapatmu

Apakah kalian tertarik untuk menjadi seorang hacker? Dan menurutmu kegiatan seorang gray hat itu bagaimana? Apakah ada yang kurang jelas? Atau apakah ada yang perlu ditambahkan? Tulis dikolom komentar dibawah.


 Silahkan beri tanggapan, saran, kritik dan jika berkenan bisa follow media sosial saya. Kalian juga bisa request pembahasan berikutnya dikolom komentar dibawah.


Terimakasih~


Source : https://glints.com/id/

Show comments
Hide comments

No comments:

Mau komentar apa Guys ?
Dilarang komentar :
Link aktif maupun tidak tanpa seizin admin
Sara/pun kata kasar/kotor


Arigatou~